Peraturan Untuk Disiplin Dalam Keluarga
PERATURAN UNTUK DISIPLIN DALAM KELUARGA
D
I
S
U
S
U
N
Kelompok 1:
NAMA
NIM
1.
Lilis
Triani
1720500018
2.
Rika
Syartika Lubis 1720500133
3.
Nadiyah
Ulfah 1720500003
4.
Nur
Madaniah
1720500088
Dosen Pengampu:
Maulana Arafat.
M.Pd.
NIDN.
2003099101
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
Kata Pengantar
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan
makalah ini dengan judul “Peraturan Untuk Disiplin Dalam Keluarga”. Terima
kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu hingga dapat disusunnya
makalah ini.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Kajian PPKn MI/SD Kelas Rendah.
Karena
keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami yakin masih banyak kekurangan
dalam makalah kami, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik dari
pembaca demi kesempurnaaan makalah kami ini.
Padangsisdimpuan, 22
Februari 2019
Penulis,
Daftar
Isi
Kata
Pengantar..................................................................................................................................... i
Daftar
Isi............................................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................................................... 1
A.
Rumusan
Masalah.................................................................................................................................. 1
B.
Latar
Belakang....................................................................................................................................... 1
C.
Tujuan
Penulisan................................................................................................................................... 1
D.
Manfaat
Penulisan.................................................................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Disiplin............................................................................................................................... 2
B.
Unsur-Unsur
Disiplin........................................................................................................................... 2
C.
Faktor-Faktor
yang mempengaruhi kedisipinan.................................................................................. 3
D.
Sikap-
Sikap Disiplin di Rumah........................................................................................................... 5
E.
Manfaat
Disiplin Bagi Anak MI/SD.................................................................................................... 8
BAB III PENUTUP............................................................................................................................ 9
A.
Kesimpulan.......................................................................................................................................... 9
B.
Saran.................................................................................................................................................... 9
Daftar Pustaka
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Disiplin sangat perlu dalam
kehidupan, karena disiplin bertujuan untuk menjaga dari perilaku yang
menyimpang Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib
dan patuh dari ketentuan dan peraturan.[1]
Disiplin yang timbul dari kesadaran
sendiri akan mendapatkan kesuksesan dalam segala hal, sedangkan disiplin dengan
cara paksaan akan menimbulkan rasa takut, cemas, khawatir dikarekan akan
diberikan hukuman apabila tidak menaati peraturan yang berlaku. Anak diajarkan
untuk disiplin sedini mungkin karena akan
berdampak baik kepada anak hingga ia dewasa nanti. Mendisiplinkan anak
bertujuan untuk kebaikan mereka sendiri dan orang lain.[2]
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian disiplin?
2.
Apakah
unsur-unsur disiplin?
3.
Apakah
faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan?
4.
Apa
saja sikap-sikap disiplin di rumah?
5.
Apakah
manfaat disiplin bagi anak MI/SD ?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk
mengetahui pengertian disiplin
2.
Untuk
mengetahui unsur-unsur disiplin
3.
Untuk
mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan
4.
Untuk
mengatahu apa saja sikap-sikap disiplin di rumah
5.
Untuk
mengatahui manfaat disiplin.
D.
Manfaat Penulisan
Agar pembaca dapat mengetahui pengertian displin, unsur-unsur
dsiplin, faktor yang mempengaruhi kedisiplianan, sikap disiplin, serta
manfaatnya bagi anak MI/SD.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Disiplin
Disiplin bisa muncul karena
kesadaran diri sesorang tetapi ada juga
disiplin karena adanya unsur paksaan dari beberapa pihak. Disiplin dapat
membuat kebiasaan yang baik dan dapat mengontrol tindakan yang kurang baik
sehingga kita akan taat, patuh, dan tertib terhadap peraturan.
Disiplin menurut para ahli sebagai berikut :
1. Keith Davis dalam Drs. R.A. Santoso Sastropoetra mengemukakan:
Disiplin diartikan sebagai pengawasan terhadap diri pribadi untuk melaksanakan
segala sesuatu yang telah disetujui atau diterima sebagai tanggung jawab[3]
2. Amir Daien Indra Kusuma menyatakan bahwa displin merupakan kesedian
untuk mematuhi peraturan –peraturan dan larangan-larangan
3. Soegeng Prijodarminto, S.H. dalam buku “Disiplin Kiat Menuju
Sukses” mengatakan: Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk
melalui proses dari serangkaian prilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan,
kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban.[4]
4. Elizabet B. Hurlock mengatakan bahwa disiplin berasal dari kata
yang sama dengan “disciple” yakni seorang yang belajar dari dini atau
secara suka rela mengikuti seorang pemimpin.[5]
Dari
definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin adalah perasaan ataupun
tingkah laku yang diperoleh dari kondisi yang tercipta melaui taat dan patuh
terhadap nilai-nilai yang merupakan tanggung jawabnya.
B.
Unsur-Unsur Disiplin
Disiplin diharapkan dapat membentuk karakter anak agar sesuai
dengan peraturan. Menurut Elizabeth B. Hurlock disiplin mempunyai empat unsur
pokok yang harus digunakan yaitu: peraturan sebagai landasan perilaku, hukuman
sebagai sanksi pelanggaran peraturan, penghargaan sebagai apresiasi untuk
perilaku yang taat pada peraturan, konsistensi pada peraturan yang telah
ditetapkan.
1.
Peraturan
Pokok
peraturan disiplin adalah peraturan. Peraturan adalah pola yang ditetapkan
untuk tingkah laku. Pola tersebut mungkin ditetapkan orang tua, guru, atau
teman bermain. Tujuannya adalah membekali anak dengan pedoman prilaku yang
disetujui dalam situasi tertentu.[6]
2.
Hukuman
Hukuman
berasal dari bahasa latin (kata kerja) “punire” dan berarti menjatuhkan hukuman
pada seorang karena kesalahan, perlawanan atau pelanggaran sebagai ganjaran
atau pembalasan.[7]
3.
Pengahargaan
salah
satu alat pendidikan, jadi dengan sendirinya maksud alat untuk mendidik anak
supaya anak dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan.[8]
4.
Konsistensi
Konsistensi
adalah tingkat keseragaman atau stabilitas yang mempunyai nilai mendidik,
memotivasi, memperbaiki penghargaan terhadap peraturan dan orang yang berkuasa.
C.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan
Pada dasarnya seorang anak akan
mampu untuk displin apabila sudah terbiasa dengan peraturan yang telah
ada, namun disiplin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut:
1.
Faktor
Internal/Dalam
a.
Faktor
Pembawaan
Salah
satu faktor yang menyebabkan orang bersikap disiplin adalah pembawaan yang
merupakan warisan dari keturnannya karena baik buruknya anak tergantung pada
pembawaanya
b.
Faktor
Minat
Minat
sangat berpengaruh untuk meningkatkan keinginan yang ada dalam diri seseorang.
Jika minat seseorang dalam berdisiplin sangat kuat maka dengan sendirinya dia
akan berperilaku disiplin tanpa menunggu dorongan dari luar
c.
Faktor
Pola Pikir
Pola
pikir telah ada terlebih dahulu sebelum
tertuang dalam perbuatan sangat berpengaruh dalam melakukan suatu kehendak atau
keinginan
d.
Faktor
Kesadaran
Kesadaran
adalah hati yang telah terbuka atas pikiran yang telah terbuka tentang apa yang
telah dikerjakan. Disiplin akan lebih mudah ditegakkan apabila timbul dari
kesadaran setiap individu, untuk selalu mau bertindak taat, patuh, tertib,
teratur, bukan karena ada tekanan atau paksaan dari luar.
2.
Faktor
Eksternal/Luar
a.
Nasihat
Di
dalam setiap jiwa seseorang terdapat
pembawaan untuk terpengaruh oleh kata- kata yang telah didengar. Oleh karena nasihat yang baik
yang telah diberikan akan membuka kesadaran setiap individu
b.
Contoh/Teladan
Teladan
merupakan contoh perbuatan dan tindakan sehari-hari dari seseorang yang
berpengaruh, jadi selama teladan yang telah diberikan positif maka kedisiplinan
yang diajarkan akan ditiru dan dilaksanakan dengan baik
c.
Faktor
Lingkungan Keluarga
Lingkunga
keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap
disiplin pada diri seseorang, khususnya anak. Sikap anak yang disiplin biasanya
tumbuh di lingkungan yang penuh kasih sayang, sebaliknya anak yang kasar atau
keras umumnya dalam jauh dari rasa kasih sayang di dalam keluarganya. Dengan
demikian, dapat dipahami bahwa tumbuhnya sikap disiplin pada anak tidak terjadi
secara instan.
D.
Sikap-Sikap Disiplin dirumah
Sikap adalah perasaan, pikiran dan kecenderungan seseorang yang
kurang lebih bersifat permanen mengenal aspek-aspek tertentu dalam
lingkungannya. Sikap disiplin dapat dibiasakan dengan cara mematuhi segala
peraturan yang ada didalam rumah yang ditetapkan oleh orang tua, hingga ia
mampu menerapkan sikap-sikap disiplin
yang ia dapatkan hingga ia dewasa nanti.
Berikut
adalah contoh-contoh disiplin dirumah yang bisa diterapkan bagi anak MI/SD:
Gambar 1.1
1.
Gambar
1.1 merupakan seorang anak yang sedang membaca buku dimana buku merupakan
gudang ilmu.
Gambar 1.2
2.
Gambar
1.2 merupakan seorang anak yang sedang membaca Al-Qur’an. Jika dibiasakan
akan berpahala dan bacaan Al-Qur’an anak
tersebut akan lebih baik kedepannya.
Gambar
1.3
3.
Gambar
1.3 merupakan seorang anak yang sedang
menjalankan ibadah sholat subuh, anak yang dibiasakan untuk disiplin dalam menjalankan ibadah
sholat maka akan memberikan dampak yang sangat positif baginya kelak.
Gambar 1.4
4.
Gambar
1.4 merupakan seorang anak yang sedang menyapu di dalam rumah, pada kegiatan
ini anak dapat membantu orang tua untuk membersihkan rumah.
Gambar 1.5
5.
Gambar
1.5 merupakan anak yang baru saja pulang dari sekolah, pulang tepat pada
waktunya akan mengajarakan anak untuk disiplin pada waktu.
Gambar 1.6
6.
Gambar
1.6 merupakan anak yang sedang makan. Anak harus disiplin untuk makan tiga kali
sehari yaitu pagi, siang, dan malam. Jika anak mampu untuk disiplin pada saat
makan akan membuat anak semakin terarur dan lebih sehat.
E.
Manfaat Disiplin Bagi Anak MI/SD
1.
Tumbuhnya
Kepedulian
Dengan
disiplin membuat anak menjadi mempunyai integrasi, selain bisa memikul tanggung
jawabnya sendiri seta mampu memecahkan masalahnya sendiri
2.
Mengajarkan
Keteraturan
Disiplin
membua anak semakin teratur dalam mampu mengatur waktu dean baik
3.
Menimbulkan
Kemandirian
Anak
dapat lebih mandiri untuk mengerjakan sesuatu yang ia inginkan karena disiplin
merupakan bimbingan yang cocok untuk anak dapat memntukan pilihan yang bijak
4.
Menumbuhkan
Sikap Taat
Dengan
disiplin anak akan meaati semua peratiran yang telah ada dengan keasadaran
dirinya sendiri
5.
Membantu
Perkembangan Otak
Ketika
anak berusia 3 tahun, pertumbuhan otak sangat pesat, pada masa ini anak menjadi
seseorang yang sangat pandai untuk meniru perilaku yang telah ia lihat. Jadi
sikap disiplin orang tua akan mejadikan anak mempunyai karakter dan kebiasaan
yang baik.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Disiplin adalah perasaan ataupun
tingkah laku yang diperoleh dari kondisi yang tercipta melaui taat dan patuh
terhadap nilai-nilai yang merupakan tanggung jawabnya.
Unsur-unsur disiplin ada empat yaitu peraturan, hukuman, penghargaan, dan
konsistensi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan memiliki dua faktor
yaitu faktor internal dan faktor ekternal, kedua faktor ini sangat berpengaruh
untuk untuk meningkatkan kedisiplinan anak.
Sikap disiplin anak dirumah
sebaiknya sudah diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa nanti karena
disiplin merupakan kunci kesuksesan, banyak orang sukses yang bermula dari
sikap disiplin yang telah melekat pada dirinya.
Disiplin mempunyai manfaat yang
sangat banyak, salah satumya menimbulkan sikap taat terhadap peratuan, seiring
berjalannya waktu anak akan menjalani peraturan tersebut dengan keikhlasn
hatinya. Disiplin akan bermanfaat jika dijalankan ataupun dikerjakan dengan
baik.
B.
Saran
Untuk mewujudkan kedisipilan anak
sejak dini orang tua perlu berperan aktif
mebimbing anak agar disiplin dalam keluarga itu tercapai. Orang tua
dapat meberikan nasihat, bimbingan, ataupun perilaku yang baik dan patut untuk
dicontoh.
Untuk menjadikan anak disiplin perlu
adanya peraturan dalam keluarga, tetapi peraturan yang diberikan sebaiknya jangan terlalu mengekang terhadap anak,
biarkan anak tetap mentaati peraturan tanpa adanya ikatan yang menjadikan anak
terpuruk.
Daftar Pustaka
Hurlock, Elizabeth.B, Perkembangan
Anak, Jakarta: Erlangga, 1993.
Mustari, Mohamad, Nilai Karakter
Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Phelan, Thomas W., 1-2-3 Magic
Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Tahun 2-12 Tahun, Yogyakarta: Andi 2009.
Prijodarminto, Soegeng,
Disiplin Kiat Menuju Sukses, Jakarta: Pradnya Paramita1994.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis,
Bandung, Remaja Rosda Karya, 1993.
Sastropoetra, Santoso, Partisipasi,
Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Alumni:
Bandung, 1988.
https://wawasanpengajaran.blogspot.com/2015/03/faktor-yang-mempengaruhi-peningkatan.html, 22 Februari 2019, Jam 15.00 WIB
[1]
Mohamad Mustari, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, (Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 35-36.
[2]
Thomas W. Phelan, 1-2-3 Magic Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Tahun 2-12
Tahun, (Yogyakarta: Andi 2009), hlm. 2.
[3]
Santoso Sastropoetra, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam
Pembangunan Nasional. Penerbit Alumni, Bandung, hal: 747.
[4]
Soegeng Prijodarminto, Disiplin Kiat
Menuju Sukses, Pradnya Paramita, Jakarta, 1994, hal: 23.
[5]
Hurlock, Elizabeth.B, Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga,1993, hlm : 82
[6]Ibid.,
hlm: 58
[7]
Ibid., hlm: 86
[8]
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosda
Karya, 1993, hlm: 231
Komentar
Posting Komentar