Peraturan Untuk Disiplin Dalam Keluarga



PERATURAN UNTUK DISIPLIN DALAM KELUARGA

D

I

S

U
S
U
N
Kelompok 1:
        NAMA                                                                      NIM           
1.      Lilis Triani                                                      1720500018
2.      Rika Syartika Lubis                                        1720500133
3.      Nadiyah Ulfah                                                1720500003
4.      Nur Madaniah                                                 1720500088
Dosen Pengampu:
Maulana Arafat. M.Pd.

NIDN. 2003099101

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN



Kata Pengantar  


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmatnya  sehingga kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan judul “Peraturan Untuk Disiplin Dalam Keluarga”. Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu hingga dapat disusunnya makalah ini.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kajian PPKn MI/SD Kelas Rendah.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah kami, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi kesempurnaaan makalah kami ini.








Padangsisdimpuan, 22 Februari 2019




Penulis,

 













Daftar Isi


Kata Pengantar..................................................................................................................................... i

Daftar Isi............................................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................................... 1

A.    Rumusan Masalah.................................................................................................................................. 1

B.     Latar Belakang....................................................................................................................................... 1
C.     Tujuan Penulisan................................................................................................................................... 1
D.    Manfaat Penulisan.................................................................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Disiplin............................................................................................................................... 2
B.     Unsur-Unsur Disiplin........................................................................................................................... 2
C.     Faktor-Faktor yang mempengaruhi kedisipinan.................................................................................. 3
D.    Sikap- Sikap Disiplin di Rumah........................................................................................................... 5
E.     Manfaat Disiplin Bagi Anak MI/SD.................................................................................................... 8
BAB III PENUTUP............................................................................................................................ 9
A.    Kesimpulan.......................................................................................................................................... 9
B.     Saran.................................................................................................................................................... 9
Daftar Pustaka





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Disiplin sangat perlu dalam kehidupan, karena disiplin bertujuan untuk menjaga dari perilaku yang menyimpang Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh dari ketentuan dan peraturan.[1]
Disiplin yang timbul dari kesadaran sendiri akan mendapatkan kesuksesan dalam segala hal, sedangkan disiplin dengan cara paksaan akan menimbulkan rasa takut, cemas, khawatir dikarekan akan diberikan hukuman apabila tidak menaati peraturan yang berlaku. Anak diajarkan untuk disiplin sedini mungkin karena akan  berdampak baik kepada anak hingga ia dewasa nanti. Mendisiplinkan anak bertujuan untuk kebaikan mereka sendiri dan orang lain.[2]
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian disiplin?
2.      Apakah unsur-unsur disiplin?
3.      Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan?
4.      Apa saja sikap-sikap disiplin di rumah?
5.      Apakah manfaat disiplin bagi anak MI/SD ?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian disiplin
2.      Untuk mengetahui unsur-unsur disiplin
3.      Untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan
4.      Untuk mengatahu apa saja sikap-sikap disiplin di rumah
5.      Untuk mengatahui manfaat disiplin.

D.    Manfaat Penulisan
Agar pembaca dapat mengetahui pengertian displin, unsur-unsur dsiplin, faktor yang mempengaruhi kedisiplianan, sikap disiplin, serta manfaatnya bagi anak MI/SD.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Disiplin
Disiplin bisa  muncul karena kesadaran diri sesorang tetapi ada  juga disiplin karena adanya unsur paksaan dari beberapa pihak. Disiplin dapat membuat kebiasaan yang baik dan dapat mengontrol tindakan yang kurang baik sehingga kita akan taat, patuh, dan tertib terhadap peraturan.
Disiplin menurut para ahli sebagai berikut :
1.      Keith Davis dalam Drs. R.A. Santoso Sastropoetra mengemukakan: Disiplin diartikan sebagai pengawasan terhadap diri pribadi untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah disetujui atau diterima sebagai tanggung jawab[3]
2.      Amir Daien Indra Kusuma menyatakan bahwa displin merupakan kesedian untuk mematuhi peraturan –peraturan dan larangan-larangan
3.      Soegeng Prijodarminto, S.H. dalam buku “Disiplin Kiat Menuju Sukses” mengatakan: Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian prilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban.[4]
4.      Elizabet B. Hurlock mengatakan bahwa disiplin berasal dari kata yang sama dengan “disciple” yakni seorang yang belajar dari dini atau secara suka rela mengikuti seorang pemimpin.[5]
Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin adalah perasaan ataupun tingkah laku yang diperoleh dari kondisi yang tercipta melaui  taat dan patuh  terhadap nilai-nilai yang merupakan tanggung jawabnya. 

B.     Unsur-Unsur Disiplin
Disiplin diharapkan dapat membentuk karakter anak agar sesuai dengan peraturan. Menurut Elizabeth B. Hurlock disiplin mempunyai empat unsur pokok yang harus digunakan yaitu: peraturan sebagai landasan perilaku, hukuman sebagai sanksi pelanggaran peraturan, penghargaan sebagai apresiasi untuk perilaku yang taat pada peraturan, konsistensi pada peraturan yang telah ditetapkan.
1.    Peraturan
Pokok peraturan disiplin adalah peraturan. Peraturan adalah pola yang ditetapkan untuk tingkah laku. Pola tersebut mungkin ditetapkan orang tua, guru, atau teman bermain. Tujuannya adalah membekali anak dengan pedoman prilaku yang disetujui dalam situasi tertentu.[6]
2.    Hukuman
Hukuman berasal dari bahasa latin (kata kerja) “punire” dan berarti menjatuhkan hukuman pada seorang karena kesalahan, perlawanan atau pelanggaran sebagai ganjaran atau pembalasan.[7]
3.    Pengahargaan
salah satu alat pendidikan, jadi dengan sendirinya maksud alat untuk mendidik anak supaya anak dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan.[8]
4.    Konsistensi
Konsistensi adalah tingkat keseragaman atau stabilitas yang mempunyai nilai mendidik, memotivasi, memperbaiki penghargaan terhadap peraturan dan orang yang berkuasa.
C.    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan
Pada dasarnya seorang anak akan  mampu untuk displin apabila sudah terbiasa dengan peraturan yang telah ada, namun disiplin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor  yaitu sebagai berikut:
1.    Faktor Internal/Dalam
a.    Faktor Pembawaan
Salah satu faktor yang menyebabkan orang bersikap disiplin adalah pembawaan yang merupakan warisan dari keturnannya karena baik buruknya anak tergantung pada pembawaanya
b.      Faktor Minat
Minat sangat berpengaruh untuk meningkatkan keinginan yang ada dalam diri seseorang. Jika minat seseorang dalam berdisiplin sangat kuat maka dengan sendirinya dia akan berperilaku disiplin tanpa menunggu dorongan dari luar
c.       Faktor Pola Pikir
Pola pikir  telah ada terlebih dahulu sebelum tertuang dalam perbuatan sangat berpengaruh dalam melakukan suatu kehendak atau keinginan
d.      Faktor Kesadaran
Kesadaran adalah hati yang telah terbuka atas pikiran yang telah terbuka tentang apa yang telah dikerjakan. Disiplin akan lebih mudah ditegakkan apabila timbul dari kesadaran setiap individu, untuk selalu mau bertindak taat, patuh, tertib, teratur, bukan karena ada tekanan atau paksaan dari luar.
2.      Faktor Eksternal/Luar
a.       Nasihat
Di dalam setiap jiwa  seseorang terdapat pembawaan untuk terpengaruh oleh kata- kata yang  telah didengar. Oleh karena nasihat yang baik yang telah diberikan akan membuka kesadaran setiap individu
b.      Contoh/Teladan
Teladan merupakan contoh perbuatan dan tindakan sehari-hari dari seseorang yang berpengaruh, jadi selama teladan yang telah diberikan positif maka kedisiplinan yang diajarkan akan ditiru dan dilaksanakan dengan baik
c.       Faktor Lingkungan Keluarga
Lingkunga keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap disiplin pada diri seseorang, khususnya anak. Sikap anak yang disiplin biasanya tumbuh di lingkungan yang penuh kasih sayang, sebaliknya anak yang kasar atau keras umumnya dalam jauh dari rasa kasih sayang di dalam keluarganya. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa tumbuhnya sikap disiplin pada anak tidak terjadi secara instan.
D.    Sikap-Sikap Disiplin dirumah
Sikap adalah perasaan, pikiran dan kecenderungan seseorang yang kurang lebih bersifat permanen mengenal aspek-aspek tertentu dalam lingkungannya. Sikap disiplin dapat dibiasakan dengan cara mematuhi segala peraturan yang ada didalam rumah yang ditetapkan oleh orang tua, hingga ia mampu menerapkan sikap-sikap disiplin  yang ia dapatkan hingga ia dewasa nanti.
Berikut adalah contoh-contoh disiplin dirumah yang bisa diterapkan bagi anak MI/SD:


Gambar 1.1
1.      Gambar 1.1 merupakan seorang anak yang sedang membaca buku dimana buku merupakan gudang ilmu.


Gambar 1.2
2.      Gambar 1.2 merupakan seorang anak yang sedang membaca Al-Qur’an. Jika dibiasakan akan  berpahala dan bacaan Al-Qur’an anak tersebut akan lebih baik kedepannya.


                                                                     Gambar 1.3                
3.      Gambar 1.3 merupakan  seorang anak yang sedang menjalankan ibadah sholat subuh, anak yang dibiasakan  untuk disiplin dalam menjalankan ibadah sholat maka akan memberikan dampak yang sangat positif baginya kelak.
Gambar 1.4
4.      Gambar 1.4 merupakan seorang anak yang sedang menyapu di dalam rumah, pada kegiatan ini anak dapat membantu orang tua untuk membersihkan rumah.


Gambar 1.5
5.      Gambar 1.5 merupakan anak yang baru saja pulang dari sekolah, pulang tepat pada waktunya akan mengajarakan anak untuk disiplin pada waktu.
                                                             
Gambar 1.6
6.      Gambar 1.6 merupakan anak yang sedang makan. Anak harus disiplin untuk makan tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam. Jika anak mampu untuk disiplin pada saat makan akan membuat anak semakin terarur dan lebih sehat.

E.     Manfaat Disiplin Bagi Anak MI/SD
1.      Tumbuhnya Kepedulian
Dengan disiplin membuat anak menjadi mempunyai integrasi, selain bisa memikul tanggung jawabnya sendiri seta mampu memecahkan masalahnya sendiri
2.      Mengajarkan Keteraturan
Disiplin membua anak semakin teratur dalam mampu mengatur waktu dean baik
3.      Menimbulkan Kemandirian
Anak dapat lebih mandiri untuk mengerjakan sesuatu yang ia inginkan karena disiplin merupakan bimbingan yang cocok untuk anak dapat memntukan pilihan yang bijak
4.      Menumbuhkan Sikap Taat
Dengan disiplin anak akan meaati semua peratiran yang telah ada dengan keasadaran dirinya sendiri
5.      Membantu Perkembangan Otak
Ketika anak berusia 3 tahun, pertumbuhan otak sangat pesat, pada masa ini anak menjadi seseorang yang sangat pandai untuk meniru perilaku yang telah ia lihat. Jadi sikap disiplin orang tua akan mejadikan anak mempunyai karakter dan kebiasaan yang baik.

BAB  III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Disiplin adalah perasaan ataupun tingkah laku yang diperoleh dari kondisi yang tercipta melaui  taat dan patuh  terhadap nilai-nilai yang merupakan tanggung jawabnya.
Unsur-unsur disiplin ada empat  yaitu peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan memiliki dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekternal, kedua faktor ini sangat berpengaruh untuk untuk meningkatkan kedisiplinan anak.
Sikap disiplin anak dirumah sebaiknya sudah diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa nanti karena disiplin merupakan kunci kesuksesan, banyak orang sukses yang bermula dari sikap disiplin yang telah melekat pada dirinya.
Disiplin mempunyai manfaat yang sangat banyak, salah satumya menimbulkan sikap taat terhadap peratuan, seiring berjalannya waktu anak akan menjalani peraturan tersebut dengan keikhlasn hatinya. Disiplin akan bermanfaat jika dijalankan ataupun dikerjakan dengan baik.
B.     Saran
Untuk mewujudkan kedisipilan anak sejak dini orang tua perlu berperan aktif  mebimbing anak agar disiplin dalam keluarga itu tercapai. Orang tua dapat meberikan nasihat, bimbingan, ataupun perilaku yang baik dan patut untuk dicontoh.
Untuk menjadikan anak disiplin perlu adanya peraturan dalam keluarga, tetapi peraturan yang diberikan sebaiknya  jangan terlalu mengekang terhadap anak, biarkan anak tetap mentaati peraturan tanpa adanya ikatan yang menjadikan anak terpuruk.



Daftar Pustaka

Hurlock, Elizabeth.B, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 1993.



Mustari, Mohamad, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Phelan, Thomas W., 1-2-3 Magic Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Tahun 2-12 Tahun, Yogyakarta: Andi 2009.

Prijodarminto, Soegeng, Disiplin Kiat Menuju Sukses, Jakarta: Pradnya Paramita1994.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosda Karya, 1993.
Sastropoetra, Santoso, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Alumni: Bandung, 1988.




 


[1] Mohamad Mustari, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 35-36.
[2] Thomas W. Phelan, 1-2-3 Magic Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Tahun 2-12 Tahun, (Yogyakarta: Andi 2009), hlm. 2.
[3] Santoso Sastropoetra, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Penerbit Alumni, Bandung, hal: 747.
[4] Soegeng Prijodarminto, Disiplin Kiat Menuju Sukses, Pradnya Paramita, Jakarta, 1994, hal: 23.
[5] Hurlock, Elizabeth.B, Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga,1993, hlm : 82
[6]Ibid., hlm: 58
[7] Ibid., hlm: 86
[8] Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosda Karya, 1993, hlm: 231

Komentar